banner-pmb2020-jgu

Mahasiswa Sukses? I’m Ready

Dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tentu dambaan bagi semua orang. Dan kamu pun kini telah menjadi mahasiswa dan bersiap untuk menimba ilmu di bangku kuliah. Nah, menimba ilmu di bangku kuliah tentunya berbeda dengan di bangku sekolah, kamu perlu persiapan dan bekal yang matang karena tekanan perkuliahan lebih kompleks daripada waktu sekolah. Selain itu, ada banyak tanggung jawab yang harus dihadapi selain belajar. Mahasiswa juga harus dapat berpikir terbuka, kreatif, dan mam[u beradaptasi dengan lingkungan. Eitsss, tapi jangan khawatir dulu, kamu sudah berkuliah pun merupakan hal yang bagus dan dapat diacungi jempol. Nah, agar kamu dapat menjalani kuliah dengan sukses dan menjadi lulusan terbaik bahkan dapat menjadi orang sukses setelah lulus nantinya. Berikut hal-hal yang dapat diperhatikan ketika menjadi mahasiswa sukses;

  1. Siapkan mental dahulu

Hal pertama yang harus disiapkan yaitu mental, dimana kamu harus sudah siap mental untuk menjalani aktivitas perkuliahan. Apabila mental kamu sudah siap atau kuat, kamu tidak akan khawatir atau takut dengan dosen yang memiliki karakter berbeda-beda maupun tugas yang menumpuk. So, siapkan mentalmu yaaa

man jumping between two rocks

  1. Atur jadwal sebaik mungkin

Diawal perkuliahan pasti kamu sudah mendapatkan jadwal mat kuliah dan dosen yang mengajar. Nah, kamu harus dapat mengatur jadwal aktivitas kamu antara kuliah, belajar, hang out, dan organisasi. Diusahakan semua aktivitas yang ada di agenda kamu memiliki porsi waktu yang tepat. Tetapi pada saat kuliah, kuliah tetap nomor satu yaaa.

  1. Belajar dengan fokus dan kerja keras

Terakhir pastinya kamu harus belajar dengan fokus dan kerja keras agar hasilnya memuaskan. Namun jangan hanya terpaku dengan kuliah saja tetapi kamu pun harus ikut berorganisasi agar kamu mempunyai banyak pengalaman. Asalkan kamu mampu membagi waktu, ikut berbagai organisasi pun tak masalah. Tugas utama mahasiswa memang belajar. Tapi belajar di sini bukan cuma monoton, seperti membuka buku, menghapal, menghitung, dan sebagainya. Belajar yang dimaksud, yaitu terus mengasah kemampuan dan keterampilan, baik soft skills maupun hard skills.

  1. Mengasah softskill

Dunia perkuliahan tidak hanya mengajarkan hardskill, tetapi jug adibutuhkan softskill. Mulai sekarang, cobalah untuk mengenali diri kamu sendiri, menemukan hal-hal yang kamu sukai atau minati. Mungkin kamu sedang mempelajari ilmu ekonomi, namun sangat tertarik dalam dunia tulis menulis. Jangan ragu, misalnya melamar sebagai kontributor di media, membuat blog dan menulis cerita seru.

person in red hoodie standing on snowy mountain during daytime

  1. Memperbanyak relasi

Menjadi mahasiswa dapat dijadikan potensi atau wadah kamu dalam menjalin atau memperluas relasi seperti mengikuti organisasi, kontribusi acara kampus, dll. Relasi sangat dibutuhkan dalam segala hal terlebih untuk karir kamu kedepannya.

× Whatsapp Live Chat Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday